Cara Merawat Kesehatan Tulang

1. Tips merawat kesehatan tulang yang pertama yaitu menghindari berbagai minuman yang dapat mengakibatkan kandungan kalsium pada tulang berkurang. Salah satu minuman yang dimaksud yaitu minuman yang bersoda atau mengandung soda.
2. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D ,Kalsium merupakan zat penting yang dibutuhkan untuk membentuk kekuatan tulang. Tetapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kalsium tanpa vitamin D tidak membuat tulang menjadi lebih kuat. Kalsium memerlukan vitamin D agar saluran pencernaan bisa menyerapnya.
3. Beberapa dokter ahli juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung zat kalsium untuk kesehatan tulang. Sementara pendapat lain mengatakan mengonsumsi suplemen kesehatan membahayakan bagi jantung. Untuk itu, agar asupa seribu miligram kalsium perhari terpenuhi, Anda bisa mendapatkannya melalui makanan seperti susu, kacang almond, daun kale atau saus tahini.
4. Konsumsi Minyak Zaitun , Selain sehat bagi jantung dan membantu menjaga berat badan tetap ideal, minyak zaitun ternyata juga baik untuk kesehatan tulang. Hal tersebut sudah dibuktikan lewat penelitian di Madrid University, Spanyol. Dalam proyek penelitian yang dikerjakan selama dua tahun, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin memiliki kadar osteocalcin yang lebih tinggi pada tubuhnya, dibandingkan dengan yang tidak. Apa itu osteocalcin? Osteocalcin merupakan jenis protein yang diproduksi oleh sel-sel pembentuk tulang. Kadar osteocalcin yang tinggi merupakan penanda kesehatan tulang yang baik.Selain itu, osteocalcin juga membantu mencegah resistensi insulin, yaitu kondisi dimana tubuh menjadi imun terhadap efek hormon tersebut. Selain menyebabkan diabetes, resistensi insulin juga menjadi salah satu penyebab tulang rapuh dan lemah.
 5. Mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih merupakan salah tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kedua bumbu dapur tersebut banyak mengandung zat belerang yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang anda.
6. Minum susu merupakan salah satu tips mudah menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kandungan susu yang sangat dibutuhkan oleh tulang kita seperti kalsium, vitamin D, protein, fosfor serta kalium.
7. Rutin berolahraga merupakan salah satu tips mudah menjaga kesehatan tulang anda. Dalam hal ini berjalan atau berlari di pagi hari merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan berolahraga dapat menguatkan semua otot dan tulang anda.
8. Dengan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk yang mungkin anda lakukan yang dapat menganggu kesehatan tulang anda. Dalam hal ini merokok dan minuman beralkohol merupakan kebiasaan buruk yang dapat menurunkan massa tulang anda.
9. Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D untuk kebutuhan tulang anda. Berjemur pada sinar matahari di pagi hari selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengaktifkan provitamin D menjadi vitamin D pada kulit anda.
download